Improve and Share your Knowledge

Breaking News
recent

STRUKTUR TABEL HTML




    A.  Elemen Dasar Tabel
Table adalah salah satu metode untuk menyajikan informasi dalam halaman web. Tabel terdiri atas baris dan kolom. Baris merupakan bagian mendatar, sedangkan kolom adalah bagian vertical pada table.
Pertemuan antara baris dan kolom disebut sebagai cell. Cara mendeskripsikan sebuah table dalam pemrograman web berbasis HTML menggunakan syntax adalah sbb:
<table>
<!-- isi baris dan kolom-->
</table>

Elemen-elemen yang ada pada tabel adalah sebagai berikut:
Nama
Fungsi
<table>…</table>
Untuk medeskripsikan tabel dalam halaman web
<tr>…</tr>
Untuk mendeskripsikan baris dalam tabel
<td>…</td>
Untuk mendeskripsikan kolom dalam tabel

Untuk mengatur posisi objek dalam cell sebuah tabel, dapat digunakan beberapa atribut dalam tag <tr>…</tr> :
Ø  Align, digunakan untuk mengatur posisi horizontal sebuah objek dalam cell tabel. Ada tiga jenis align, yaitu : left, center, dan right.
Ø  Valign, digunakan untuk mengatur posisi peletakan sebuah objek pada cell secara vertical. Ada tiga pilihan dalam menentukan atribut valign, yaitu top, middle, dan bottom.
Contoh secara lengkap:






  








  B.  Atribut Border

Untuk mengatur tebal dan lebar garis pada tabel. Semakin besar nilai border, semakin tebal garis yang ditampilkan pada halaman web. Besaran nilai atribut tabel dihitung dalam ukuran pixel. Pengaturan nilai border hanya berefek pada garis border bagian sisi luar tabel saja, tidak mempengaruhi garis border dalam tabel.
Contoh :




  C.  Elemen Header
Untuk memberikan informasi data dalam kolom sebuah tabel. Biasanya, header diletakkan pada baris pertama sebuah tabel. Menggunakan tag <th>…</th>
Kelebihan penggunaan header pada tabel adalah teks yang diletakkan pada header secara otomatis berada pada posisi tengah tanpa harus menambah attribute align=”center”.

Pada elemen header tabel, dapat menggunakan atribut scope dan headers untuk menghubungkan kolom atau baris dalam cell. Atribut scope dapat diisi dengan nilai col, colgroup, row, dan rowgroup. 
Contoh:


Atribut headers pada elemen header tabel akan menerima nilai berupa id dari cell untuk merujuk kaitan antar-header sumber tabel. 
Contoh :



  D. Elemen Caption
Tagnya <caption>…</caption>.
Contoh :



  E.  Atribut Cellpadding dan Cellspacing
·         Atribut Cellpadding pada tabel berfungsi untuk mengatur jarak dari  border sisi dalam tabel dengan isi teks tabel dalam cell. Nilainya berupa angka dalam satuan pixel.
·         Atribut Cellspacing berfungsi mengatur jarak antara border bagian dalam dan luar.
Contoh:



  F.  Menggabungkan Cell
v  Colspan
Untuk menyatukan satu atau lebih cell berdasarkan kolom. Misalnya, colspan=”2” berarti menggabungkan dua cell menjadi satu cell.
v  Rowspan
Untuk menyatukan satu atau lebih cell berdasarkan baris.
                Contoh :



  G. Mengatur Background
Ada dua jenis background yang dapat diterapkan dalam tabel, yaitu gambar dan warna.
Untuk gambar, caranya :
a)      Buat folder BG pada direktori C (C:\BG)
b)      Persiapkan gambar yang akan dijadikan background sebuah tabel, baik dalam format .jpg, .jpeg, atau .bmp. letakkan file gambar tersebut dalam folder BG.
c)       Lalu tulis kode berikut:

Adapun untuk membuat latar belakang tabel dengan warna tertentu, perlu ditambahkan atribut bgcolor=”#FFFF33”.  bg sebagai atribut untuk mengatur warna tabel.
Contoh:



  H. Atribut Align
Digunakan untuk menentukan posisi isi dalam cell menggunakan atribut align. Ada tiga nilai yang dapat diterapkan, yaitu left, center, dan right. 
Contoh :




   I.   Meletakkan Tabel di Dalam Tabel

Dengan menggunakan tabel, dapat menentukan struktur utama sebuah web, mulai dari heading halaman web, body , dan footing sebuah halaman web. Teknik sederhana yang dapat digunakan untuk melakukan hal tersebut adalah meletakkan tabel di dalam tabel utama.
Contoh:



  J.   Atribut Frame
Untuk mengatur jenis border luar pada tabel. Nilai yang dapat digunakan pada atribut frame :
a)      above
b)      bellow
c)       border
d)      box
e)      hsides
f)       lhs
g)      rhs
h)      void
i)        vsides

Contoh: 



 Sekian, Semoga Bermanfaat...


A

A

Hello, it's me.

2 komentar:

  1. Terima kasih untuk artikelnya,perkenalkan saya Yosua(1922500007) dari http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.