Improve and Share your Knowledge

Breaking News
recent

Perbedaan Front-end dan Back-End Development



Istilah “Front-end”, "Back-end," dan "Full stack" dalam pengembang web menggambarkan bagian mana dari hubungan klien atau server yang dikerjakan. "Front-end" berarti Anda berurusan terutama dengan sisi klien. Disebut "Front end" karena itulah yang dapat kita lihat di browser. Sebaliknya, "Back-end" adalah bagian dari situs web yang tidak dapat dilihat, tetapi menangani banyak logika dan fungsionalitas yang diperlukan agar semuanya berfungsi. 

Jika diibaratkan dalam pengembangan web, Front-end merupakan “bagian depan" dari sebuah restoran. Atau merupakan bagian di mana pelanggan datang untuk melihat dan menikmati apa saja yang disajikan oleh restoran, seperti dekorasi dan interior, tempat duduk, dan tentu saja, menu makanan. Di sisi lain, pengembangan web Back-end diibaratkan seperti “bagian belakang" dari restoran. Di sinilah pengiriman dan inventaris dikelola, dan proses untuk memasak makanan terjadi. Ada banyak hal di balik layar yang tidak akan dilihat pelanggan, tetapi mereka pada akhirnya mereka akan menikmati produk yang disajikan.

Dengan kata lain, Pengembangan front-end berfokus pada aspek visual situs web yaitu bagian yang dilihat dan digunakan untuk berinteraksi dengan pengguna. Sementara pengembangan back-end terdiri dari struktur, sistem, data, dan logika situs. Pengembangan front-end dan back-end digabungkan untuk membuat situs web interaktif yang menyenangkan secara visual.

Semoga Bermanfaat...!!









A

A

Hello, it's me.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.